Breaking News

Senin, 11 Maret 2019

Pengalaman Seleksi PTPN 5

Saya akan berbagi informasi ketika saya mengikuti seleksi PTPN 5. Just share, semoga bermanfaat :)

PT Perkebunan Nusantara 5 atau disingkat PTPN 5 adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang agro industri kelapa sawit dan karet. PTPN 5 berkantor pusat di Pekanbaru dan memiliki lahan perkebunan yang tersebar di Provinsi Riau.

Seleksi PTPN 5 cukup memakan waktu lama, dimulai dari bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019. Seleksi berlokasi di 4 tempat yaitu Medan, Pekanbaru, Jakarta dan Yogyakarta. Saya sendiri mengikuti seleksi di Yogyakarta tepatnya di Kampus LPP Yogyakarta.

PTPN 5 membuka seleksi karyawan untuk 4 posisi, yaitu Asisten Bidang Tanaman, Asisten Bidang Teknik, Asisten Bidang Keuangan, dan Asisten Bidang SDM & Umum.

Kualifikasi yang dibutuhkan antara lain:
  1. WNI
  2. IPK 2,75 dari PTN dan 3,00 dari PTS (Skala 4,00)
  3. Lulusan S1/D4 (Akreditasi jurusan/prodi minimal B) dan S2 Profesi Psikologi
  4. Untuk Bidang Tanaman dan Teknik hanya untuk laki-laki
  5. Sehat Jasmani dan Rohani
  6. Tidak bertindik/bertato
  7. Tidak terlibat dengan Narkoba
  8. Tidak pernah melakukan tindakan pidana kriminal/melanggar hukum
  9. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat oleh instansi/perusahaan
  10. Memiliki kartu pencari kerja (Kartu AK/1)
Tahapan seleksi yang harus saya ikuti antara lain Seleksi Administrasi, Seleksi Tahap I, Seleksi Tahap II, Seleksi Tahap III, Seleksi Tahap IV, dan Seleksi Tahap V. Nah penasaran kan? Apa aja isi tahapan yang harus dilalui, oke ceck it out!

Seleksi Administrasi
Dokumen yang harus dipersiapkan antara lain:
  1. Surat Lamaran Kerja
  2. Curiculum Vitae
  3. KTP
  4. Pas Foto Terbaru
  5. Ijazah dan Transkrip Nilai Resmi
  6. Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna dari dokter
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  8. Kartu AK/1
  9. Surat Pernyataan bertanda tangan materai
Dokumen diatas di upload melalui website www.lpp.ac.id paling lambat 13 Oktober 2018.

Seleksi Tahap I (Tes Tertulis Kemampuan Dasar dan Bidang Tugas)
Peserta yang lolos seleksi administrasi diundang untuk mengikuti Tes Tahap I Tertulis pada tanggal 25 Oktober 2018 di Kampus LPP Yogyakarta. Peserta diminta membawa dokumen asli yang sebelumnya telah diupload untuk dikumpulkan. Dokumen dimasukkan kedalam map (warna map menyesuaikan bidang yang dilamar) dengan mencantumkan nama dan nomor tes.

Tes dilakukan dalam 2 sesi, Sesi 1 dimulai pukul 08.00 WIB - selesai dan Sesi 2 dimulai pukul 12.30 WIB - selesai. Peserta diharapkan tiba di lokasi 30 menit sebelum tes dimulai dan langsung mengisi daftar hadir. Peserta wajib membawa KTP dan alat tulis. Materi Tes Tahap I meliputi tes kemampuan dasar dan tes bidang tugas.

Seleksi Tahap II (Tes Tertulis Psikologi dan Bahasa Inggris)
Peserta yang lolos seleksi Tahap I Tertulis (kemampuan dasar dan tes bidang tugas) selanjutnya berhak mengikuti seleksi Tahap II Psikologi Tertulis pada tanggal 1 November 2018 di Kampus LPP Yogyakarta.

Tes dilakukan dalam 2 sesi, Sesi 1 dimulai pukul 07.30 WIB - selesai dan Sesi 2 dimulai pukul 12.30 WIB - selesai. Peserta diharapkan tiba di lokasi 30 menit sebelum tes dimulai dan langsung mengisi daftar hadir. Peserta wajib membawa KTP dan alat tulis. Materi Tes Tahap II meliputi tes kepribadian, cara kerja, dan tes bahasa inggris. 

Seleksi Tahap III (Wawancara Psikologi, Bidang Tugas dan FGD Bahasa Inggris)
Peserta yang lolos seleksi Tahap II Psikolog (kepribadian, cara kerja, dan tes bahasa inggris) selanjutnya berhak mengikuti seleksi Tahap III Wawancara pada tanggal 12 November 2018 di Kampus LPP Yogyakarta.

Tes wawancara dimulai pukul 07.30 WIB - selesai. Peserta diharapkan tiba di lokasi 30 menit sebelum tes dimulai. Peserta wajib membawa KTP dan alat tulis. Peserta tes mengisi daftar hadir dan akan dipanggil secara bergiliran untuk memasuk ruang wawancara. Materi Tes Tahap III meliputi tes psikologi, bidang kerja, dan FGD bahasa inggris.

Seleksi Tahap IV (Tes Kesehatan dan Observasi)
Peserta yang lolos seleksi Tahap III Wawancara (psikologi, bidang kerja, dan FGD bahasa inggris) selanjutnya berhak mengikuti seleksi Tahap IV (tes kesehatan dan observasi) pada tanggal 12 November 2018 di Kampus LPP Yogyakarta.

Tes dimulai pukul 07.30 WIB - selesai. Peserta diharapkan tiba di lokasi 15 menit sebelum tes dimulai. Peserta memakai pakaian casual dan bersepatu.Peserta tes harus berpuasa minimal 10 jam (tidak makan/minum/merokok hanya diperkenankan minum air putih saja selama masa puasa) atau puasa dimulai pukul 21.00 WIB sebelum tes dilaksanakan.

Peserta wajib membawa KTP dan mengisi daftar hadir yang tersedia. Peserta tes yang telah hadir mengisi biodata selanjutnya mengantri untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan, tes urin, tes darah, tes fisik dan rotgen.

Setelah selesai pemeriksaan kesehatan, peserta diperkenankan untuk istirahat dan makan siang. Peserta berkumpul kembali untuk tes observasi pukul 13.00 WIB. Pada tes observasi ini peserta akan dibentuk kelompok, setiap kelompok berisi 6-7 orang. Setiap kelompok akan diberikan tantangan berupa permainan-permainan.

Seleksi Tahap V (Wawancara Direksi)
Peserta yang lolos seleksi Tahap IV (observasi dan tes kesehatan) selanjutnya berhak mengikuti seleksi Tahap V (wawancara direksi) pada tanggal 16 Januari 2019. Khusus peserta tes Yogyakarta lokasi seleksi Tahap V dilaksanakan di Kantor Perwakilan PTPN 5 Jakarta Pusat.

Tes dimulai pukul 08.00 WIB  - selesai. Peserta diharapkan tiba di lokasi 15 menit sebelum tes dimulai. Peserta memakai pakaian rapi dan bersepatu. Peserta wajib membawa KTP dan mengisi daftar hadir yang tersedia. Peserta tes yang telah hadir selanjutnya mengantri untuk dipanggil ke ruang interview. Interview dilakukan oleh 3 orang (1 orang dari dewan direksi dan 2 orang dari psikolog). Materi interview meliputi pertanyaan pengalaman kerja/organisasi, skripsi/tugas akhir, latar belakang keluarga, dan motivasi bekerja.

Foto bersama peserta seleksi di Kantor Perwakilan PTPN 5 Jakarta Pusat


Pengumuman Akhir
Pengumuman akhir cukup menguji kesabaran kami peserta Calon Karyawan PTPN 5. Sebab, pengumuman baru rilis 50 hari pasca wawancara direksi. Pengumuman dirilis pada tanggal 6 Maret 2019. Peserta yang lolos seleksi Tahap V (observasi dan tes kesehatan) selanjutnya berhak mengikuti Pembekalan Calon Karyawan PTPN 5. Program pembekalan akan dilaksanakan di Kampus LPP Medan. Peserta yang sebelumnya pernah bekerja dan sedang bekerja diminta untuk mengumpulkan surat referensi kerja (Asli dan Fotokopi). Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Demikian gambaran seleksi PTPN 5 yang saya ikuti. Semoga dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang ingin mengikuti seleksi PTPN. Best regards!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By